Selasa, 15 April 2008

Mengamati ebay, amazon, bhinneka, dan fastncheap.com


Di era globalisasi ini persaingan di dunia bisnis sangat ketat. Masing-masing organisasi bisnis memanfaatkan keunggulan bersaingya agar bisa memenangkan persaingan di era globalisasi ini. Era globalisasi ini membuat cara pandang bisnis berubah, saat ini organisasi bisnis mulai memfokuskan kegiatan bisnisnya pada konsumen, masing-masing bisnis mulai mencoba memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya, serta berusaha memuaskan para konsumennya.

Karena alasan di atas, saat ini banyak sekali perusahaan atau organisasi bisnis melayani para konsumennya 24 jam dengan cara membuka sebuah toko online dengan memanfaatkan media internet yang berupa website, dengan tujuan agar para konsumennya bisa memesan barangnya dengan mudah (tanpa harus keluar rumah), aman, cepat, dan nyaman, selain itu perusahaan/organisasi bisnis juga bisa memanfaat toko online ini untuk menjaring konsumen baru yang letaknya jauh dari tempat perusahaan beroperasi (luar kota, pulau, atau bahkan luar kota).
Di sini penulis mencoba membagi pengalamannya dalam mengunjungi situs toko online yang cukup terkenal di Indonesia dan dunia, yaitu
www.ebay.com, www.amazon.com, www.bhinneka.com, dan www.fastncheap.com. Keempat situs tersebut merupakan perwujudan dari toko online saat ini, masing-masing situs/webasite di atas memiliki keunggulan bersaingnya masing-masing untuk memenangkan persaingan di era globalisasi saat ini. www.amazon.com misalnya, website tersebut merupakan website toko online yang terbesar untuk saat ini, pada website amazon.com kita bisa mencari dan membeli seluruh kebutuhan yang kita perlukan, mulai dari perlengkapan bayi hingga peralatan-peralatan elektronik (komputer,scanner,dan lain-lain). Amazon.com memiliki kencenderungan menjual peralatan atau perlengkapan-perlengkapan yang baru jadi jarang ditemukan barang-barang second di website toko online amazon.com ini. Dalam transaksi pembelian (http://www.amazon.com/gp/product/handle-buy-box/ref=dp_start-bbf_1_glance) para konsumennya bisa menggunakan kredit card (visa,master card, paypal,dan lain-lain) sebagai alat pembayaran untuk barang-barang yang ingin di beli.

Amazon.com memiliki pesaing utama yaitu website toko online
www.ebay.com, ebay.com ini juga merupakan toko online yang cukup besar untuk saat ini, tujuan dari website ini kurang-lebih sama dengan amazon.com yaitu untuk memudahkan para konsumen dalam mencari dan membeli barang-barang yang diinginkan. Untuk masalah kelengkapan dan ketersediaan barang di ebay.com hampir menyamai amzon.com, mulai dari peralatan dan perlengkapan bayi hingga perlatan elektronik, bahkan pada website www.ebay.com, kita bisa menemui barang-barang second di mana harganya relatif murah bila dibandingkan dengan barang yang masih baru. Ebay.com ini juga memiliki cara transaksi pembelian yang sama dengan amazon.com (untuk melihat contoh transaksi,klik "di sini"), di mana konsumen cukup menggunakan kartu kreditnya sebagai alat pembayaran untuk barang-barang yang ingin dibeli.

Kedua website di atas (
www.amazon.com dan www.ebay.com) merupakan website toko online yang besar dan terkenal di dunia, yang memiliki tujuan untuk memudahkan para konsumennya baik di daerah operasi website tersebut maupun di seluruh dunia dalam melakukan pencarian dan pembelian barang-barang yang diinginkan. Dilihat dari kelengkapan dan ketersediaan barang-barang pada kedua website toko online tersebut, dapat disimpulkan kedua toko online tersebut menggunakan konsep one stop shopping.
Di Indonesia juga ada dua website toko online yang cukup terkenal yaitu
www.bhinneka.com dan www.fastncheap.com. Kedua website tersebut juga memiliki keunggulan masing-masing dalam bersaing. Misalnya www.bhinneka.com, website toko online ini menawarkan beraneka ragam peralatan elektronik khususnya dalam bidang TV, komputer, laptop, musik beserta aksesorisnya, tidak hanya itu, bhinneka.com juga menjual peralatan-peralatan kantor. Untuk masalah kelengkapan, bhinneka.com bisa dikatakan cukup lengkap, berbagai merek-merek laptop ditawarkan mulai dari yang terkenal hingga merek baru yang baru muncul. Di website bhinneka.com cukup sulit bagi para konsumen untuk mencari barang yang second. Dalam transaksi pembeliannya (http://bhinneka.com/), bhinneka.com tidak hanya menggunakan kartu kredit tetapi juga bisa menggunakan sistem transfer antar bank (Mandiri dan BCA), bhinneka.com juga menawarkan pembayaran ditempat, ketika barang diberikan kepada konsumen. Selain itu semua, konsumen masih dimanjakan dengan sistem pembayaran secara kredit dengan sistem cicilan yang sangat mudah dan murah.
Pesaing bhinneka.com salah satunya adalah website toko online
www.fastncheap.com. Website ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan website bhinneka.com, di mana pada website toko online fastncheap.com juga menawarkan beraneka ragam ragam peralatan elektronik khususnya dalam bidang TV,komputer, laptop, musik beserta aksesorisnya, namun sayangnya fastncheap.com tidak menjual peralatan-peralatan kantor seperti yang ada pada bhinneka.com, selain itu merek-merek laptop atau hardware komputer yang ditawarkan tidak terlalu lengkap, sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk kelengkapan dan ketersediaan barang bhinneka.com masih lebih unggul dibandingkan dengan fasncheap.com. Untuk transaksi pembelian fastncheap.com sama dengan bhinneka.com (http://www.fastncheap.com/userexpress.php?1208225109) hanya saja fastncheap memiliki keunggulan dalam hal alternatif bank yang dimiliki yaitu ada 3 bank (BCA, Mandiri, Permata). Namun, untuk sistem pembayaran cicilan fastncheap.com lebih rumit dibandingkan dengan bhinneka.com.

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com